'Info Pesawat Jatuh di Pesisir Pantai Nagekeo', Kata Otoritas Bandar Udara Wilayah IV: 'Itu Hoaks'

redaksi - Senin, 22 April 2024 10:17
'Info Pesawat Jatuh di Pesisir Pantai Nagekeo',  Kata Otoritas Bandar Udara Wilayah IV: 'Itu Hoaks'Disinformasi (Hoaks) berita pesawat jatu di pantai selatan Nagekeo (sumber: Istimewa)

MBAY(Floresku.com) - Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Kementerian Perhubungan, Agustinus Budi Hartono menegaskan informasi adanya pesawat jatuh di pesisir pantai Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, adalah hoaks. 

Dia mengatakan laporan warga berupa foto yang tersebar di media sosial tersebut, telah dikonfirmasi Badan Sar Nasional (Basarnas) Ende, NTT di lokasi.

Mengutip berita OkeZone.com (Senin, 22/4) pukul 10.58 WIB Ia mengatakan awal informasi tersebut dilaporkan oleh jajaran Airnav Indonesia divisi Manops ihwal adanya informasi pesawat jatuh tersebut. Selepasnya, Airnav Indonesia berkoordinasi dengan Basarnas Ende guna mengonfirmasi peristiwa tersebut.

Hoax informasinya, awal berita pesawat jatuh itu informasinya datang dari teman-teman Basarnas. Saat perjalanan darat ke daerah Nagekeo NTT, dan dilaporkan ke Basarnas Bali dan kontak ke Basarnas wilayah Ende dari Basarnas tidak ada berita terkait hal tersebut," ungkap Budi melalui keterangannya, Senin (22/4).

Budi pun menyampaikan berdasarkan penelusuran Basarnas Bali, tidak ada jam operasional penerbangan berdasarkan jam diterimanya informasi pesawat jatuh tersebut.

Berdasarkan data Operasional Airnav di stasiun terkait, memang di jam tersebut tidak ada operasional di sana. Tidak ada penerbangan, tidak ada traffic," ucap Budi.

Dia mengatakan informasi tersebut telah dikonfirmasi kembali ke jajaran Basarnas di Bali. Terungkap bahwasanya informasi pesawat terbang yang jatuh itu adalah hoax.

"Manops Airnav menelpon Basarnas Bali sepertinya beritanya hoax, dan telah clear pada jam tersebut tidak ada operasional," katanya. 

Sementara itu, melalui WA, salah seorang yang didudaga berasal dari pihak otoritas bandara menyampaikan, “ Selamat siang, mohon ijin  melaporkan bahwa hasil koordinasi terkait info pesawat jatuh di daerah pantai selatan Nagekeo, KPP Kupang telah berkoordinasi dengan Bandara El Tari Kupang,  Petugas Informasi Bandara Haji Hasan Aroe Boesman Ende, Airnav Bandara Turelelo So'a Bajawa. Informasi yang kami dapat adalah penerbangan dalam wilayah NTT dalam keadaan aman terkendali, dan tidak ada pesawat yang diduga crash atau jatuh di wilayah NTT. Terimakasih.”

“Memang kemarin (Minggu, 21 April) sore, pesawat dari Labuan Bajo ada terbang rendah mendarat darurat di Ende. Tetapi soal pesawat jatuh belum ada informasi resmi dari otoritas bandara,” tulis pemilik akun WA itu lagi. ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS